Diet Rendah Karbohidrat dan Diet Vegetarian

Makanan Rendah Karbohidrat
Tips Kesehatan Super - Salah satu alasan orang melakukan program diet adalah untuk menurunkan berat badan atau obesitas. Obesitas sendiri terjadi karena tubuh menyimpan terlalu banyak lemak. Selain berpengaruh pada penampilan, obesitas juga dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan resiko serangan jantung. Untuk itu, ada beberapa jenis pilihan diet yang bisa diambil. Salah satunya adalah program diet rendah lemak.

Selain program diet rendah lemak, berikut ini ada jenis program diet lainnya yang baik yaitu program diet rendah karbohidrat dan diet vegetarian:

Diet Rendah Karbohidrat

Selain diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat dapat dijadikan sebagai alternatif kedua. Hanya saja, diet ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi sering kehilangan keseimbangan. Sebab karbohidrat sendiri memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Sebab, masalah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin B dan serat yang diyakini dapat mengembalikan keseimbangan tubuh yang hilang. Anda juga dapat memanfaatkan beberapa menu pengganti dengan karbohidrat kompleks yang terdapat pada biji-bijian.

Salah satu jenis biji-bijian yang dapat anda pilih adalah oat meal. Oat meal bisa anda jadikan sebagai menu sarapan rendah karbohidrat di pagi hari. Selain memiliki kandungan karbohidrat kompleks, oat meal juga kaya akan serat. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, setidaknya anda harus mengonsumsi 20 gram karbohidrat setiap hari. Sebagai alternatif, anda juga bisa memilih sumber-sumber makanan, seperti tepung dari padi-padian, umbi-umbian, bayam, brokoli, wortel, apel, dan jeruk.

Diet Vegetarian

Diet vegetarian merupakan diet dengan cara menghindari semua makanan yang berbahan dasar daging. Sebagai gantinya, anda harus memilih menu makanan berbahan dasar sayuran. Selain menyehatkan, sayuran juga kaya akan vitamin, mineral, zat besi, protein, dan tinggi serat. Jenis sayuran yang bisa anda konsumsi antara lain adalah paprika, tomat, brokoli, terong, dan lain-lain. Selain itu, buah-buahan juga menjadi salah satu menu penting jika anda ingin melakukan program diet vegetarian dengan baik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menu utama dari diet vegetarian adalah buah dan sayuran. Akan tetapi, semua itu tidaklah mencukupi. Pastinya, anda juga membutuhkan suplemen tambahan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengganti nutrisi yang hilang akibat kurangnya sumber protein hewani, khususnya yang berfungsi untuk mencukupi kebutuhan zat besi dan vitamin B kompleks.

Demikianlah dua jenis program diet yang dapat menjadi solusi anda dalam menjalankan diet sehat, semoga dapat membantu.