Makanan Untuk Program Diet Rendah Lemak Yang Direkomendasi

Tips Kesehatan Super - Diet rendah lemak bukan berarti tidak mengonsumsi semua jenis makanan yang memiliki kandungan lemak sama sekali. Sebab, perlu diingat bahwa tubuh yang sehat juga membutuhkan lemak. Lemak dalam tubuh bisa menjadi sumber energi agar kita bisa melakukan beragam aktivitas. Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan lemak sebanyak 30-35% dari total kalori yang ada.
program diet rendah lemak
Ilustrasi Diet Rendah Lemak - Sumber Google Image
Ketika memilih program diet ini, anda dituntut untuk menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti gorengan. Sebagai alternatifnya, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan dan sejumlah jenis ikan laut.

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat rendah lemak yang baik bagi kesehatan yang cocok untuk program diet anda, antara lain:

1. Tahu
Tahu merupakan makanan yang dihasilkan dari kacang kedelai. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan serta memiliki nilai gizi tinggi untuk tubuh. Tahu memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, rendah lemak, dan memiliki komposisi asam amino paling lengkap. Selain itu, tahu juga dipercaya memiliki daya cerna tinggi dalam tubuh, yaitu sebesar 85-98%. Jika dibandingkan dengan ikan, daging, dan telur, tahu memang memiliki kandungan gizi yang lebih rendah. Akan tetapi, karena harganya yang terjangkau, tahu menjadi salah satu menu favorit sekaligus makanan pengganti protein hewani.

Disamping itu tahu juga dipercaya dapat mencegah beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, menurunkan berat badan, serta diabetes dan mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Jadi tahu cocok dijadikan sebagai makanan anda yang menjalankan program diet rendah lemak.

2. Pasta Gandum
Gandum merupakan salah satu jenis padi-padian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai makanan pokok sehari-hari. Saat ini, gandum banyak dijadikan menu makanan yang salah satunya berbentuk pasta. Pasta yang terbuat dari gandum biasanya memiliki rasa yang manis. Selain itu, gandum juga memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, serta kaya akan vitamin, minerat. folat, dan mudah dicerna oleh usus. Karena sifatnya yang mudah dicerna, gandum bisa dijadikan sebagai pengganti makanan berat yang cocok untuk dikonsumsi saat diet rendah lemak. Protein dan zat besi pada gandum juga mampu menjadi antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, makanan olahan berbahan dasar gandum juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

3. Kentang Panggang
Kentang merupakan makanan yang banyak dikonsumsi semagai camilan maupun makanan pokok. Kentang memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kentang juga rendah lemak, kaya vitamin C, dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung serta kulit.

Disamping kandungan-kandungan tersebut, kentang juga kaya akan beberapa zat gizi sebagai berikut:
  • Vitamin B6 yang diyakini mampu mencegah penyakit jantung, batu ginjal, sindrom, dan juga depresi mental.
  • Kalium yang dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Besi dan tembaga yang berkhasiat untuk mengatasi pusing, sakit kepala dan anemia.
  • Karbohidrat yang mampu menjadi asupan energi yang dibutuhkan tubuh.
  • Serat yang dipercaya dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan.
Meskipun demikian, kentang hanya akan berfungsi baik sebagai makanan diet rendah lemak jika disajikan dalam bentuk kentang panggang.

4. Madu
Madu merupakan cairan kental berwarna kuning keemasan yang berasal dari lebah dengan rasanya yang khas. Rasa manis pada madu dihasilkan oleh kandungan monosakarida fuktosa dan juga glukosa. Oleh sebab itu, rasanya hampir sama dengan gula. Dibalik semuanya itu, ternyata madu juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Kandungan yang terdapat pada madu antara lain adalah karbohidrat, glukosa, fruktosa, dan antioksidan. Selain itu, kandungan gulanya bisa diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan dan bisa berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan sebagai berikut:
  • mampu mengalahkan bakteri yang mematikan.
  • mengatasi hidung tersumbat.
  • sebagai obat luka bakar atau luka yang disebabkan oleh tusukan benda tajam.
  • meningkatkan antioksidan dalam tubuh, dan
  • menangkal kuman patogen yang dapat menyebabkan penyakit infeksi.
  • cocok dijadikan sebagai makanan program diet rendah lemak yang direkomendasikan.
Semoga anda yang tengah menjalani program diet rendah lemak dapat menjadikan artikel diatas sebagai bahan referensi. Ingat ya jangan makan sembarangan atau tidak makan sama sekali ketika anda menjalankan diet.


3 Responses to "Makanan Untuk Program Diet Rendah Lemak Yang Direkomendasi"

  1. Nice Tips..

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    BalasHapus
  2. Dapat tambahan mengenai makanan untuk diet rendah lemak, pembahasannya lengkap sekali disini. Artikel saya mengenai topik yang sama mungkin bisa membantu dapat di kunjungi pada blog berikut: http://goo.gl/qEmfwq semoga bisa membantu

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(titik)com banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus