Manfaat Jus Buah Buahan Untuk Kesehatan

Tips Kesehatan Super - Manfaat Jus Buah Untuk Kesehatan. Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Yang dimaksud nutrisi seimbang adalah suatu keseimbangan antara asupan makanan dengan kebutuhan tubuh akan zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, serta keseimbangan waktu makan.
manfaat penting jus buah untuk kesehatan dan diet sehat
Ilustrasi Jus Buah - Sumber Google Image
Salah satu cara untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi tubuh adalah dengan memakan buah-buahan berkualitas. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung nutrisi penting seperti Vitamin A, C, E, B12, B6 Folat, kalsium, kalium, magnesium, dan mineral. Buah juga mengandung antioksidan untuk melawan racun tubuh.

Buah-buahan mengandung karbohidrat dan sumber senyawa fitokimia yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Selain itu, buah memiliki beragam kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potasium. Walaupun diperlukan dalam jumlah kecil, mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan lainnya adalah serat yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan, mengikat racun dalam tubuh, dan memberikan rasa kenyang.

Antioksidan yang terkandung dalam jus buah bermanfaat dalam menurunkan resiko berbagai penyakit seperti jantung koroner, stroke, katarak, juga mencegah kerusakan sel pankreas sehingga baik untuk penderita diabetes melitus.

Buah-buahan berguna membantu detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh). Mengonsumsi buah dalam porsi besar akan membuat tubuh sibuk melakukan proses pemersihan racun. Buah yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, tomat, dan nanas adalah buah yang bermanfaat untuk detoksifikasi.

Beberapa buah-buahan ternyata mengandung zat-zat yang dapat menggantikan nutrisi dari makanan seperti daging. Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus. Melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman, zat pektin mampu melepaskan kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang mengganggu fungsi jantung.

Peresapan jus buah ini bukan sebagai pengganti resep dokter. Jus buah ini menunjang pengobatan penyakit. Sebaiknya sebelum mengonsumsi jus buah ini, konsultasikan dulu dengan dokter yang merawat, karena biasanya satu pasien tidak hanya memiliki satu macam penyakit, tapi bisa beberapa penyakit. 

Demikianlah penjabaran tentang manfaat buah atau jus buah untuk kesehatan. Adapun hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum anda membuat jus buah seagai berikut:

Proses pembuatan jus buah ada yang menggunakan juice extractor dan blender. Penggunaan kedua alat ini disesuaikan dengan jenis buah yang akan di jus. Ada jenis buah yang hilang khasiatnya ketika diproses dengan juice extractor. Jenis buah seperti ini harus diproses dengan menggunakan blender. Ada juga buah yang akan hilang khasiatnya jika diproses dengan menggunakan blender. Buah seperti ini harus diproses dengan menggunakan juice extractor.

Pilihan cara memproses jus buah, dengan dihaluskan menggunakan blender atau diambil sarinya saja dengan juice extractor, turut mempengaruhi khasiat buah. Juice extractor memberikan manfaat berupa air, vitamin, mineral, dan fitokimia (zat warna) dari buah. Sedangkan blender, selain zat-at tersebut tadi, juga akan didapatkan serat dan sejumlah zat gizi lainnya yang terkandung di dalam kulit dan daging buah. Pemrosesan dengan blender menguntungkan bagi mereka yang sedang menjalani program diet sehat, karena sifatnya lebih mengenyangkan.