Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Tips Kesehatan Super - Bau mulut tak sedap atau bau napas adalah nama umum untuk sebuah kondisi medis yang disebut halitosis. Banyak hal yang dapat menyebabkan  bau mulut tak sedap, dari mulai tidak pernah menyikat gigi, sampai berhubungan dengan kondisi medis tertentu. Jika anda mengalami bau mulut tak sedap, maka anda harus segera mengatasinya. Jangan segan untuk segera berobat ke dokter gigi atau dokter umum.
cantik kok bau mulut
Cantik - cantik bau mulut - Sumber Google Image
Bau mulut tak sedap tentu saja akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, ataupun seandainya si pengidap tidak menyadari, akan membuat orang lain menjadi tidak nyaman ketika berbicara dengannya. Sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk memeriksa apakah anda mengalami bau mulut atau tidak sebelum orang lain yang mengetahuinya. Karena dengan begitu anda nantinya akan malu dan tidak menutup kemungkinan akan dikucilkan.

Jika tidak memiliki penyakit dalam, mungkin saja anda kekurangan minum, karena hal tersebut juga dapat mengakibatkan bau mulut menjadi tidak enak. Untuk lebih detailnya apa saja penyebab bau mulut, berikut ini mungkin dapat memberikan anda wawasan ataupun solusi.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

  1. Kurang minum air putih. Jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi maka akan menyebabkan air liur menjadi sedikit. Salah satu fungsi air liur adalah untuk membersihkan bakteri yang bersarang di rongga-rongga gigi. Selain itu air liur juga melindungi sel-sel yang ada di dalam mulut agar tetap hidup. Jika kekurangan air liur karna kurang minum, maka sel-sel yang ada di dalam mulut akan mati dan hal tersebut menimbulkan mau busuk tak sedap. Untuk mengatasinya sebaiknya anda meminum air sesuai aturan.
  2. Infeksi Sinus atau Amandel. Infeksi yang terjadi di sinus menimbulkan bau busuk. Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan antibiotik, tentu saja sesuai dengan anjuran dokter. Infeksi amandel menyebabkan peradangan pada amandel atau tenggorokan, hal itu kemudian menghasilkan butiran-butiran kalsium di tenggorokan, dengan begitu bau tak sedap akan keluar dari mulut. Cara termudah dan termanjur untuk mengobatinya adalah berkumur dengan air garam, kadar garam yang tinggi mampu membunuh bakteri-bakteri tersebut. Siapkan 250 ml air dan tambahkan satu sendok makan garam, aduk kemudian gunakan untuk berkumur setiap pagi. Dalam kurun waktu kurang lebih 3 hari bau mulut akan berkurang.
  3. Kadar Asam Lambung Tinggi. Jika kadar asam lambung tinggi atau maag biasanya aroma yang keluar dari dalam mulut tidak enak ketika bersendawa atau bicara. Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang membuat asam lambung meningkat, seperti coklat, kayu manis, minuman beralkohol, dsb.
  4. Gangguan pada gusi, yang biasa disebut penyakit periodontal. Penyakit ini dapat menyababkan bau mulut dan sekaligus menimbulkan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya sebaiknya anda menghubungi dokter ahli gigi.
  5. Makanan dan minuman. Kurangi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, bawang merah, keju, jus jeruk, soda, dan kopi. Jika anda punya kebiasaan minum kopi sebaiknya menyikat gigi setelah meminumnya.
  6. Kebersihan gigi yang buruk. Jika anda memiliki kebiasaan tidak suka menyikat gigi dan melakukan flossing secara teratur kemungkinan besar akan dapat mengalami bau mulut. Flossing adalah penggunaan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang terletak diantara gigi.
  7. Merokok dan konsumsi tembakau jenis lainnya dapat menimbulkan bau mulut tak enak.
Buruknya kebersihan mulut juga dapat menimbulkan napas tak sedap. Partikel makanan yang tersisa di mulut akan membusuk dan mengeluarkan bau. Selain itu, sisa makanan tersebut akan mengumpulkan bakteri, yang juga sama-sama menimbulkan bau mulut tak sedap.

Jika anda tidak membiasakan diri untuk menyikat gigi secara teratur, maka akan mudah timbul plak (plaque) gigi (sebuah lapisan tipis seperti film, yang lengket dan tidak berwarna). Plak tersebut akan menempel pada gigi. Plak adalah tempat yang sangat disukai bakteri untuk berkembang biak, dan inilah yang menjadi alasan timbulnya bau mulut kurang enak.

11 Responses to "Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya"

  1. Sepele tapi padahal sangat penting masalah mau mulut ini, ijin share ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat, jangan anggap sepele suatu hal yang kecil, bau mulut memicu rasa percaya diri

      Hapus
  2. Dulu waktu kecil saya pernah alamin masalah bau mulut seperti yang dijelasin di atas, tapi alhamdulillah di kasih tau sama orang tua jadi setelah beranjak dewasa saya bisa perbaiki dari pola makan dan rajin sikat gigi, akhirnya aku ga bau mulut tetap fresh. Solusi mudah sih makan permen tapi kalo menyangkut sama peyakit dalam bukan makan permen cuma sementara aja efeknya. Nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kalo gitu mas selalu jaga kebersihan mulut

      Hapus
  3. Ternyata kurang minum air dapat menyebabkan bau mulut, baru tahu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sesuai penjelasan di atas jika kurang minum kondisi mulut kering dan meyebabkan bau

      Hapus
  4. coba saya cek bau mulut saya dulu.... HAAAAAHH

    wah ternyata bau aku mesti sikat gigi nih,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa kumur-kumur pake listerin mas hehe

      Hapus
  5. saya sudah 6 tahun menyikat gigi dan menggunakan listerin mulut tetap bau .. aku harus g mana mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyakin makan sayur dan minum air putih gan, kalo masih juga hubungi dokter spesialis siapa tau agan punya penyakit dalam.

      Hapus
  6. thanks atas informasinya gan, sangat bermanfaat sekali artikelnya

    http://obatnyapenyakit.com/obat-alami-penyakit-kanker-mulut/

    BalasHapus