Cara Merawat Wajah Agar Putih Bersih dan Bebas Jerawat

Tips Kesehatan Super - Wajah adalah satu dari bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga dan dirawat kesehatannya. Karena wajah merupakan aset inti yang dapat menjadi daya tarik penampilan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Hal tersebut menjadikan banyaknya cara untuk merawat wajah agar tetap terlihat mudah, kencang, putih, bersih, tidak keriput, cerah serta terbebas dari jerawat. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan alami sangatlah mudah jika Anda rajin merawatnya, tentu saja dengan cara yang tepat dan mudah seperti yang akan kita bahas disini.

Merawat wajah agar tetap tampil cantik, tampan dan cerah akan semakin mudah jika dilakukannya secara rutin, karena kotoran dan flek-flek tidak akan menumpuk hingga banyak dan sulit untuk dibersihkan. Ada berbagai cara dalam melakukan perawatan wajah baik dengan cara alami menggunakan ramuan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau sering disebut dengan herbal, ada pula yang melakukannya dengan cara medis serta operasi. Namun jika Anda ingin melakukannya secara mudah dan ekonomis, berikut ini adalah cara yang tepat untuk diikuti:

cara merawat wajah secara alami


Cara Merawat Wajah dengan Mudah


  • Biasakan untuk menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sebelum menyentuh wajah.
  • Untuk memperlancar peredaran darah pada wajah, cuci wajah dengan menggunakan air mengalir dengan sedikit pijatan pada titik-titik penting. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan lap yang bersih.
  • Lakukan secara rutin membersihkan wajah setiap selesai keluar rumah dengan menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk wajah Anda.
  • Untuk menghindari kulit wajah yang gosong, setiap keluar rumah pada siang hari selalu gunakan pelembab.
  • Agar kulit wajah tetap terjaga kesegarannya lakukan pemijatan setiap kali sebelum tidur selama kurang lebih 3 menit saja.
  • Gunakan masker wajah secara rutin 2 kali dalam satu minggu, hal tersebut bertujuan agar kotoran dan flek yang mengendap pada pori-pori wajah terangkat dan wajah tetap cerah serta segar. Sebaiknya gunakan yang herbal.
  • Mengkonsumsi air putih sedikitnya 8 sampai 10 gelas setiap harinya. Karena air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan.
  • Konsumsi vitamin E dengan cukup agar nutrisi kulit terpenuhi.
  • Lakukan olahraga secara teratur, setiap pagi atau sore agar kesehatan tubuh dan wajah tetap terjaga.
Selain melakukan kebiasaan baik di atas, untuk menjaga wajah tetap sehat dan cantik berikut ini beberapa ramuan alami untuk perawatan wajah yang mungkin akan Anda butuhkan.

Ramuan Alami untuk Perawatan Wajah


1. Masker Bengkoang Untuk Memutihkan Wajah

Bengkoang dapat dijadikan masker untuk wajah, kandungan yang bengkoang miliki adalah rotenon, pachyrhizon, Vitamin C dan B1 yang berkhasiat untuk memutihkan wajah serta menghilangkan flek hitan bekas jerawat secara alami. Cara membuat bengkoang menjadi masker adalah, parut dahulu bengkoang yang telah dikupas dan dicuci bersih. Peras dan saring air bengkoang dengan menggunakan saringan kemudian simpan dalam wadah. Tunggu hingga kurang lebih setengah jam, kemudian buang air dan ambil endapan atau sari bengkoang untuk digunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat, setelah bersih bilas kembali dengan air dingin. Lakukan treatmen ini secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Masker Jeruk Nipis Untuk Mengecilkan Pori-pori dan Menghaluskan Wajah

Didalam jeruk nipis terkandung Vitamin C dan juga anti oksidan yang dapat mengecilkan pori-pori, mencerahkan dan juga menghaluskan kulit wajah. Cara menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah adalah, potong jeruk nipis kemudian peras, setelah itu gunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker dengan cara mengoleskannya merata ke seluruh bagian wajah. Tunggu hingga kurang lebih 15 menit sampai mengering lalu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat, setelah itu lanjutkan dengan air dingin. Lakukan treatmen ini secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker Apel Untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakanlah masker apel untuk menguranginya. Di dalam apel terkandung zat lastin dan kolagen yang bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak pada kulit. Buatlah masker apel dengan cara blender atau parut apel yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Berikan air secukupnya sebagai campuran apel yang dihaluskan. Oleskan merata keseluruh bagian wajah kemudian diamkan selama 20 menit sampai mengering lalu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat, setelah itu lanjutkan dengan air dingin. Lakukan treatmen ini secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Masker Tomat Mengurangi Komedo

Untuk Anda yang memiliki masalah komedo berlebih pada wajah dapat menggunakan masker tomat secara rutin. Di dalam tomat terkandung zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengurangi komedo. Selain itu masker tomat juga memiliki manfaat untuk mencarahkan kulit wajah serta mengatasi iritasi karena paparan sinar matahari secara terus menerus. Cara membuat masker tomat adalah, blender buah tomat hingga halus, tambahkan satu sendok madu untuk satu buah tomat. Oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai mengering lalu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat, setelah itu lanjutkan dengan air dingin. Lakukan treatmen ini secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Masker Alpukat Menjaga Kelembaban Kulit Wajah

Siapa sangka selain biasa di konsumsi sebagai minuman jus dan campuran sop buah ternyata  alpukat memiliki kelebihan dan manfaat lain yaitu membuat wajah tetap lembab dan juga memberikan asupan nutrisi pada kulit wajah. Karena di dalam buah alpukat terkandung Vitamin C dan E yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah jika digunakan sebagai masker secara rutin. Blender daging alpukat dan berikan air secukupnya, oleskan merata pada wajah, kemdian diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai mengering lalu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat, setelah itu lanjutkan dengan air dingin. Lakukan treatmen ini secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah cara merawat wajah secara alami untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar wajah Anda tetap putih, halus, bebas flek, bebas jerawat, cerah dan tidak berminyak. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman Anda lainnya melalui sosial media agar semakin bermanfaat.